Wednesday, May 11, 2016

Cara Memilih Universitas dan Program Studi Yang Tepat 2016

Do you want to share?

Do you like this story?

Mungkin sebagian dari kalian masih bingung menentukan jurusan mata kuliah mana yang ingin diambil. Pemilihan jurusan mata kuliah adalah tahap penting yang nantinya akan menentukan masa depan kalian, oleh karena itu pikirkan baik-baik sebelum memutuskanya. Pilihlah suatu jurusan atas keinginan kalian sendiri, bukan karena pengaruh teman-teman atau orang lain. Jangan sampai di kemudian hari kalian menyesal telah memilih suatu jurusan dan pada akhirnya kalian menyia-nyiakan waktu karena berpindah-pindah jurusan atau bahkan beresiko fail dan di drop out dari universitas.
Untuk itu, berikut ini adalah tips-tips yang akan membimbing kalian dalam memilih jurusan yang tepat. Sebelum membahas lebih jauh lagi, pertama-tama tanyakan pertanyaan berikut pada diri kalian:
  1. Apa saja minat/ hobi kalian? Apakah kalian memiliki bakat/ kemampuan khusus yang menonjol?
  2. Apakah kalian berniat mengembangkan minat kalian? Atau kalian tertantang untuk mempelajari sesuatu yang baru ?
  3. Pekerjaan di masa depan seperti apa yang kalian idamkan? Karir seperti apa yang kalian inginkan?
Setelah pertanyaan di atas terjawab, kalian akan mendapatkan ilustrasi bidang studi apa yang ingin kalian ambil. Dengan begitu, maka dapat dilanjutkan dengan mempertimbangkan aspek-aspek berikut ini:
  1. Diskusikanlah dengan agent kalian untuk memilih universitas mana yang memiliki keunggulan yang sesuai dengan bidang studi pilihan kalian. Pertimbangkan juga dari segi lokasi universitas tersebut, karena itu akan menjadi kota tempat tinggal kalian dan mempengaruhi pilihan akomodasi tempat tinggal kalian selama kuliah nantinya.
  2. Bacalah university course handbook untuk melihat pilihan jurusan mata kuliah dari bidang studi yang sudah kalian pilih. Biasanya agent kalian menyediakan handbook dari berbagai universitas yang ada. Di dalam handbook tersebut menyediakan penjelasan detail untuk setiap jurusan. Bacalah dengan seksama course seperti apa yang sesuai dengan keinginan kalian.
  3. Carilah informasi mengenai syarat dan ketentuan pendaftaran jurusan, apakah kalian telah memenuhinya? Bila belum, mungkin dapat mencari jalan alternatif lainnya. Pertimbangkan juga dari segi waktu kuliah, biaya, syarat kelulusan dan prospeknya untuk masa depan. Diskusikanlah dengan agent kalian bila menemui kesulitan.

YOU MIGHT ALSO LIKE

Advertisements

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)

Advertisements

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)